Mencari biro jasa paspor kilat di Jakarta Pusat anda tidak perlu bingung, karena ada Budiarjo Mahameru, Biro Jasa Paspor dan Keimigrasian yang sudah berpengalaman sejak tahun 2011 hadir dan siap melayani pemohon yang berdomisili di wilayah Kotamadya Jakarta Pusat.
Paspor
Secara harfiah, definisi paspor adalah dokumen yang digunakan sebagai lintas batas negara. Dengan paspor inilah seseorang dapat berpergian dan memasuki negara lain. Tanpa adanya paspor jelas tidak mungkin seseorang dapat melalui pos perlintasan suatu negara.
Fungsi, Jenis dan Macam Paspor
Seperti yang sudah diterangkan di atas dimana fungsi paspor digunakan untuk dapat melintasi batas wilayah negara lain, maka bagi setiap individu yang akan berkunjung ke negara lain, entah dalam urusan bisnis, wisata, sekolah atau misi kebudayaan atau olahraga, maka bagi mereka yang berkepentingan untuk melakukan hal di atas di negara lain wajib memiliki paspor.
Definisi paspor adalah sebuah dokumen negara, diterbitkan oleh pejabat dan lembaga negara yang berwenang, memiliki masa berlaku dan mengandung semua informasi identitas pribadi dari pemegang paspor.
Di Indonesia dikenal ada 3 (tiga) jenis paspor, yaitu paspor umum, paspor dinas dan paspor diplomat. Ketiga jenis paspor ini diterbitkan oleh pejabat dan lembaga negara yang berbeda-beda.
Untuk paspor umum diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM RI melalui perwakilannya, yaitu Kantor Imigrasi, Kedutaan Besar Negara Republik Indonesia dan Konsulat Jendral Republik Indonesia. Sedangkan paspor dinas diterbitkan oleh instansi terkait dalam pemerintaan, dan paspor diplomat diterbitkan oleh Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia. Dalam artikel ini hanya akan kami bahas tentang Paspor Umum Republik Indonesia
Paspor Umum Republik Indonesia, yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi atau KBRI atau Konjen RI, memiliki sampul depan berwarna hijau, terdiri dari 48 halaman dan memiliki masa berlaku 10 tahun. Pada paspor umum ini dibagi menjadi 2 (dua) macam paspor, yaitu paspor biasa dan elektronik paspor (epaspor).
Cara Mendaftar Paspor
Untuk bisa mendapatkan paspor sangatlah mudah. Saat artikel ini diterbitkan, Dirjen Imigrasi sudah meluncurkan sebuah aplikasi berbasis android dan ios untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengajuan permohonan paspoornya. Aplikasi ini disebut “Antrian Paspor Online”, atau lebih dikenal dengan kata kunci “Mobile Paspor (MPASPOR)”.
Agar pemohon mudah melakukan pengajuan paspornya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi mpaspor ini pada handphone. Setelah aplikasi berhasil diunduh, anda tinggal melakukan pembuatan akun baru. Silahkan mengisi data diri dengan sebenar-benarnya, dan menginput alamat email aktif yang dapat diakses. Karena setelah selesai melakukan pendaftaran, pemohon wajib memverifikasi akun baru tersebut dari alamat email yang didaftarkan.
Setelah akun baru berhasil dibuat, langkah berikutnya adalah anda dapat login ke aplikasi mpaspor dengan memasukkan username dan password yang tadi sudah dibuat. Saat sudah login, anda akan diminta verifikasi berupa menyesuaikan gambar, dengan tujuan untuk mengetahui bahwa pemohon adalah benar manusia dan bukan robot.
Jika sudah berhasil login, maka langkah selanjutnya anda tinggal mengajukan permohonan paspor dengan memilih ikon “Tambah Pemohon”, kemudian anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah diberikan dan diinformasikan dalam aplikasi mpaspor tersebut.
Baca juga : “Cara daftar paspor online terbaru”
Bagaimana bagi anda yang gaptek, atau ingin butuh dilayanai dalam pengajuan permohonan paspornya? Jawabannya, anda dapat mengajuan bantuan melalui biro jasa paspor.
Proses Melalui Biro Jasa Paspor Kilat Jakarta Pusat
Di wilayah Kotamadya Jakarta Pusat pasti sangat banyak sekali biro jasa bertebaran, salah satunya biro jasa paspor. Untuk mencari biro jasa yang melayani atau memberikan bantuan pada salah satu wilayah, cara paling mudah dan dapat anda lakukan di rumah adalah dengan menggunakan mesin pencarian google.
Jika terdapat banyak sekali biro jasa yang muncul dari hasil pencarian melalui perambah google, maka hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah mensortir biro jasa tersebut untuk dicari yang paling baik dan qualified.
Tips Memilih Biro Jasa Paspor
Cara tips terbaik memilih dan mencari biro jasa yang baik dan berkualitas adalah dengan menghubungi langsung biro jasa tersebut dari nomer yang sudah kita dapatkan pada mesin pencari google.
Anda dapat mengkontaknya langsung dengan telpon, atau anda dapat melakukan komunikasi percakapan via chat whatsapp yang telah diinfomasikan biro jasa.
Silahkan anda bisa bertanya tentang layanan yang diberikan atau dapat berkonsultasi terhadap permasahan seputar paspor yang sedang anda alami saat ini.
Dari sini anda dapat menilah seberapa kualitas layanan dari si biro jasa. Biasanya semakin baik biro jasa paspor, maka penjelasannya akan semakin detail, rinci dan selalu memiliki solusi terbaik. Adapun biaya yang timbul menjadi lebih dari nilai jika anda proses sendiri itu adalah wajar. Mahal atau murahnya tergantung anda menilai dari prespektif layanan dan nilai paspor yang akan anda buat.
Biro Jasa Paspor Kilat Jakarta Pusat
Di wilayah Kotamadya Jakarta Pusat, salah satu biro jasa terbaik yang sudah berpengalaman sejak tahun 2011 adalah Budiarjo Mahameru, Biro Jasa Paspor dan Keimigrasian.
Alamat kantor representatif dari Budiarjo Paspor ini ada 3 (tiga), yaitu 2 di Jakarta dan 1 di Jogja, dengan kantor utama beralamat di Jogja. Walaupun berada di Jogja, tapi wilayah kerja Budiarjo Paspor meliputi Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, DI. Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.
So jangan ragu bagi anda yang membutuhkan bantuan layanan dalam pengajuan permohonan paspor, atau affidavit, ijin tinggal WNA atau ijin kerja WNA, dapat langsung kontak ke nomer chat whatsapp aktif yang tertera pada website ini.